Selasa, 05 Oktober 2010

Perkembangan Tablet Dari Gridpad, Apple Newton sampai Apple iPad


Saat Apple mengeluarkan Apple iPad nya, seakan-akan membangkitkan kembali semangat teknologi serta pasar Tablet PC. Padahal jauh-jauh sebelumnya Tablet PC sudah pernah diproduksi dan memiliki sejarah yang panjang. Sayangnya waktu itu belum pernah mencapai kesuksesan yang berarti dan belum mampu merubah pasar secara signifikan.

Kembali ke tahun 2001, Chairman Microsoft saat itu Bill Gates meramalkan tablet PC akan menjadi varian PC yang terpopuler dan akan memiliki pasar yang fantastis. Sayangnya ramalan tersebut belum terbukti. Sampai tahun 2009 pangsa pasar Tablet PC hanya 1% (menurut perusahaan riset IDC).

Kegagalan generasi pertama produk Tablet terutama disebabkan oleh harga yang mahal, baterai yang boros serta tampilan antar muka yang masih belum “bersahabat”. Selanjutnya seiring teknologi mobile communication yang makin berkembang, produk-produk Tablet pun mengalami perbaikan tapi kebutuhan dan kebiasaan konsumen pun telah ikut berubah.

Berikut ini adalah beberapa produk cikal bakal Tablet PC sampai Tablet yang terakhir kita kenal :


Gridpad, Tablet generasi awal

GRIDPAD tahun 1990 memperkenalkan jenis Tablet pertama GRIDPAD dengan teknologi layar sentuh serta stylus. Sayangnya produk ini tidak berkembang lebih lanjut karena harga yang masih relative mahal.

Apple MessagePad

Apple tahun 1993 pernah merilis produk Apple MessagePad, sebuah produk Pocket Digital Assistance (PDA) yang waktu itu cukup maju dijamannya. Sudah menggunakan fitur layar sentuh yang mampu mengenali pola-pola tulisan walaupun masih relative lemah. Apple MessagePad yang umumnya biasa disebut sebagai Apple Newton merupakan pendahulu dari Tablet PC. Harga yang relatif mahal serta minimnya aplikasi tambahan untuk peranti mobile ini menjadikan Apple MessagePad tidak bertahan lama.


Motion Computing


Tahun 2002 diperkenalkan Tablet Notebook Motion Computing M1200 dengan menggunakan sistem operasi Windows Tablet PC. Produk dengan desain elegan ini cukup mendapat tanggapan positif. Sayang daya kerja baterai yang masih lemah serta panas yang berlebih menjadi pemicu matinya produk Tablet ini.


HP TouchSmart TM2


Tahun 2010, produsen PC terkemuka Hewlett-Packard merilis HP TouchSmart TM2 Tablet. Tablet Notebook ini memiliki tampilan antar muka multisentuh serta papan kunci yang berputar.

Dan tentu saja awal 2010 Apple kembali ingin merubah keberhasilan produk Tablet mereka dengan merilis iPad Tablet dari Apple.


iPad

Kekuatan Tablet iPad adalah kepiawaian Apple dalam mengemas dan mengkombinasikan aplikasi-aplikasi Apple dengan kualitas dan desain hardware mereka yang berkelas. Bahkan Apple mencoba menjajagi menawarkan format kepada para penerbit buku dan film untuk memformast produk-produk buku dan film, agar dapat dipasang di iPad mereka.

Memang pangsa pasar Tablet masih membutuhkan waktu dan pembuktian agar dapat tumbuh daan berkembang secara signifikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar