Rabu, 06 Oktober 2010

Perbandingan OS WINDOWS XP, WINDOWS VISTA, DAN WINDOWS SE7EN (WINDOWS 7)


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas masalah tentang perbandingan antara Operating System yang sangat familiar digunakan oleh orang-orang, dalam perbandingan ini saya membandingkan OS yang berbayar dan tidak gratisan (bukan open source seperti ubuntu atau Linux dan tidak juga termasuk Machintosh). Kali ini saya akan membandingkan OS yang merupakan anggota keluarga dari Microsoft.
Hal-hal yang saya bandingkan ialah diantaranya waktu booting, loading, start up, kompabilitas, tingkat keamanan, dan lain-lain.
Hal pertama yang saya bandingkan ialah lisensi :

1. Windows XP ialah OS yang paling populer dan paling banyak bajakannya sementara itu Vista dan Win 7 lebih banyak ada di situs Microsoft dan penjualan software resmi (legal).

2. Hal kedua ialah cara penggunaan:
Windows XP lebih user friendly, sementara itu tampilan Vista dan Win 7 agak membingungkan.
3. Hal ketiga ialah minimal spek PC:
Windows XP menggunakan spek komputer yang cukup rendah, tetapi Vista dan Win 7 harus menggunakan spek dan prosesor yang lebih canggih agar tidak terjadi hang atau crash dalam penggunaannya.

4. Hal keempat ialah keamanan
Windows XP sangat rentan akan virus, malware,spyware, dan adware karena penggunaannya yang sangat luas sementara itu, Vista cukup aman digunakan, dan Windows 7 yang paling aman karena sudah terdapat Antivirus yaitu Windows Defender.

5. Keenam ialah kompatibilitas game, aplikasi, dan sebagainya:
XP ialah OS yang sangat kompatibel, hampir semua aplikasi bisa digunakan di Win XP, sementara itu aplikasi Vista dan Win 7 sangat sedikit dan harus mengubah Compability Mode agar aplikasi bisa berjalan dan digunakan ( cara ini belum tentu bisa dilakukan kepada semua Sofware atau aplikasi )

Kesimpulan dari perbandingan ini ialah Operating System Windows XP paling cocok digunakan mahasiswa seperti saya dan para pekerja, kemudian Windows 7 yang unggul di keamanan, kecepatan, tetapi lemah dalam kompatibilitas aplikasi dan minimum penggunaan spesifikasi PC serta terakhir Windows Vista yang kelemahannya lebih banyak daripada Windows 7. Tetapi saya menggunakan Windows 7 karena Windows 7 memperbaiki bugs, crash,hang di Windows Vista serta lebih menjamin keamanan saya dalam mengerjakan aktivitas tanpa takut virus atau spyware dan semua kekurangan di Windows XP sudah diperbaiki di Windows 7, untuk masalah kompatibel software yang lain hanya tinggal masalah waktu, produsen software yang lain sudah meninggalkan Windows XP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar